Bersiaplah di paruh tahun 2010 dimana Google berencana untuk meluncurkan sistem operasi Google Chrome OS. Dimana sistem operasi ini dirancang untuk dapat digunakan di platform media yang mengedepankan akses internet seperti netbook, yang tentu saja menggunakan web browser Chorme. Kenapa harus digunakan pada netbook? Alasan utamanya adalah karena banyaknya orang membeli netbook untuk ber-internet tanpa kabel kapan dan dimana saja sekarang. Dan alasan kedua adalah penggunaan windows xp yang telah berumur 8 tahun yang pada awalnya dibuat dan dapat berjalan di komputer Pentium III dan IV. Sementara google mengklaim OS Google Chrome dibangun pada sistem modern masa depan arsitektur chips x86 dan ARM chips.

Tentunya

hal ini akan membuat sistem operasinya ringan dan cepat seperti browsernya sendiri. Dan yang pasti open-source. Bandingkan dengan microsoft ?

Sistemnya sendiri mirip dengan Palm dengan webOS-nya, yang menjadikan web sebagai operasi sistem. Dengan kata lain perangkat lunaknya sendiri akan berjalan pada browser chrome yang menggunakan sistem windowing seperti pada kernel Linux.

Google ingin menekankan bahwa Chrome OS adalah tentang web, termasuk merangkul aplikasi lain yang belum standar berbasis web apps. Di dalamnya HTML 5 akan mengambil banyak peran yang besar, meski banyak orang masih bertanya-tanya tentang menjalankan aplikasi web mereka ketika komputer tidak tersambung ke Internet.

Tetapi dari terciptanya sistem ini adalah munculnya perang baru antara raksasa sistem operasi Microsoft dan Google. Ketika Windows XP berusia 8 tahun dan Windows Vista dianggap tidak cocok untuk netbook, dan kemudian Microsoft memunculkan Windows 7 yang dihadirkan sebagai alternatif yang lebih ringan.

Jadi jangan terkejut jika tahun depan Google Chrome OS akan diluncurkan bersamaan waktunya dengan waktu yang sama dengan diedarkannya Windows 7. Dan kita akan lihat bagaimana tanggapan Microsoft akan hal ini.

ref : rudytarigan.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar disini

Award Ku Yang Pertama

Award Ku Yang Pertama

Top Global Site
Blog Widget by LinkWithin

Label

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Link Banner


Banner Kawan

100 Blog Indonesia Terbaik
Internet Coupons

Pengikut

Arsip

Powered by Stats 21

Kesan anda pada Blog ini ??




ShoutMix chat widget

Top Global Site