Kurang dari 24 jam setelah kematian King of the Pop. Ada-ada saja ulah para cracker. Mereka membuat virus computer yang berkedok Michael Jackson. Jika dieksekusi/di klik ‘virus Michael Jackson’ itu akan menempatkan file jahat reptile.exe dan winudp.exe.

Keduanya mampu membuat ‘lubang’ pada sistem operasi yang menjadi korban dan menampilkan pesan error palsu. Program jahat itu disebar melalui situs photos-google.com, photo-msn.org, facebook-photo.net serta orkut-images.com. Jelas virus ini berusaha
menipu pengguna internet dengan mencatut nama-nama situs besar. Hingga sekarang ini hanya (sementara) F-Secure saja yang dapat mengidentifikasinya sebagai Trojan.Win32.Buzus.bjyo. Cara mengatasi secara manualnya: Berikut ini trik untuk menghentikan proses virus Michael Jackson.
  • Dalam Windows normal virus sudah bisa dihilangkan dengan tools seperti killermachine/cleaner anti virus.
  • Harus melalui safemode dulu,caranya tekan f8 waktu windows akan booting.Maka akan tampil bootmenu pilih safemode atau safemode common prompt baru jalankan tools removal anti virusnya.
  • Matikan proses reptile.exe dan windup.exe dengan ProcessExplorer dari sysinternals.com.
  • Jika tidak bisa masuk safe mode karena virus sudah mendisable safe mode-nya, kita harus masuk windows normal ,kemudian endtask semua aplikasi dengan task manager termasuk explorer,svchost,spooler,dll yang bisa di endtask jika waktu meng-endtask svchost.exe tampil system shutdown,itu bisa diatasi dengan mengetik shutdown -a di run-nya task manager.
  • Gunakan hiren boot cd ,jalankan autorun.exe/autorun.bat untuk melihat proses file ,hilangkan ceklist /centang pada file yang bukan file microsoft /vendor lain yang kita kenal,biasanya tidak jelas asal -usulnya , agar waktu booting tidak dieksekusi oleh system.
  • Gunakan hijackthis atau msconfig, atau bisa gunakan plugin-nya ansav anti virus yang bernama registryfx untuk mematikan /menghilangkan startup file,misalnya disable regedit,task manager, dan lain-lain.
  • Untuk kasus yang paling berat gunakan windows lain,caranya jadikan harddisk yang bervirus sebagai sekunder/slave.kemudan scan dengan anti virus update terbaru.gantikan file yang terhapus dengan mencopy dari windows yang masih belum terkena virus atau difolder dllcache.
  • Untuk penanganan lebih lanjut silahkan kunjungi vaksin.com.
Langkah Mengantisipasi mencegah Virus :
  • Jangan lupa untuk mengupdate antivirus minimal seminggu sekali. WAJIB!
  • Pastikan Anda menginstall Antispyware bila Anda terkoneksi dengan internet.
  • Back-up data-data penting Anda sebelum terkoneksi dengan internet.
  • Jangan sembarang menerima dan membuka e-mail yang tidak Anda ketahui asal-usulnya.
Ref : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar disini

Award Ku Yang Pertama

Award Ku Yang Pertama

Top Global Site
Blog Widget by LinkWithin

Label

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Link Banner


Banner Kawan

100 Blog Indonesia Terbaik
Internet Coupons

Pengikut

Arsip

Powered by Stats 21

Kesan anda pada Blog ini ??




ShoutMix chat widget

Top Global Site